PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) PADA PEMAHAMAN KONSEP DIMENSI TIGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA 2 SMA NEGERI ARJASA JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • SRI WAHYUNI SMA Negeri Arjasa Jember, Indonesia

Keywords:

Somatis, Auditori, Visual, Intelektual, Konsep Dimensi Tiga, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pendekatan SAVI dan meningkatkan minatbelajar matematika dan pemahaman konsep matematis siswa kelas X IPA 2 SMA N Arjasa dengan pendekatan SAVI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA N Arjasa, yang terdiri dari 35 siswa. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Untuk mengetahui minat belajar dan pemahaman konsep matematis siswa, diberikan angket minat belajar matematika dan tes pemahaman konsep matematis pada setiap akhir siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, pengisian angket oleh siswa, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep matematis siswa yang pelaksanaannya meliputi empat tahapan pembelajaran yaitu tahap persiapan, tahap penyampaian, tahap pelatihan, dan tahap penampilan hasil. Peningkatan minat belajar ditunjukkan dengan meningkatnya aspek-aspek minat belajar matematika siswa dan tercapainya indikator keberhasilan pada siklus II, yaitu: (a) P erhatian 85,95% dengan kriteria tinggi, (b) Prioritas untuk belajar 86,17% dengan kriteria tinggi, (c) Rasa senang 88,23% dengan kriteria tinggi, (d) Keingintahuan 84,50% dengan kriteria tinggi. Peningkatan pemahaman konsep matematis siswa ditunjukkan dengan meningkatnya aspek-aspek pemahaman konsep matematis siswa dan tercapainya indikator keberhasilan pada siklus II, yaitu: (a) Mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep 90,32% dengan kriteria sangat tinggi, (b) Menyatakan ulang konsep 71,67% dengan kriteria sedang. (c) Memilih contoh dan bukan contoh dari konsep 85,71% dengan kriteria sedang, (d) Mengaplikasikan konsep 65,49% dengan kriteria sedang.

Downloads

Published

2023-07-07

How to Cite

SRI WAHYUNI. (2023). PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) PADA PEMAHAMAN KONSEP DIMENSI TIGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA 2 SMA NEGERI ARJASA JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018. PESAT, 9(1), 43–54. Retrieved from http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat/article/view/116