PENERAPAN IHT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU BINAAN DALAM MENYUSUN RPPH BERKARAKTER SEMESTER I TAHUN 2019/2020 DI KABUPATEN LUMAJANG

Authors

  • HAMIDAH .

Keywords:

IHT, Guru Binaan, RPPH berkarakter

Abstract

Permasalahan dalam proses kegiatan pembelajaran, diantaranya kegiatan pembelajaran yang tertuang pada rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) kurang sesuai dengan tema dan pembelajaran yang tertuang pada perencanaan pembelajaran (RPPH)  kurang bervariasi. Upaya untuk meningkatkan pemahaman dan menyusun RPPH berkarakter melalui pendampingan pada penelitian tindakan sekolah (PTS).  Salah satunya menggunakan strategi IHT (In House Training) yaitu merupakan program pelatihan yang di selenggarakan di tempat sendiri sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menjalankan pekerjaannya dengan mengotimalkan potensi-potensi yang ada. Kerangka berpikir penelitian menggunakan kerangka berpikir Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang terdiri dua siklus. Subyek penelitian adalah guru TK binaan sebanyak enam orang guru. Yang  masing-masing guru tersebut mengajar di kelompok B.  Kegiatan penelitian (PTS) dilakukan pada semester I tahun pelajaran 2019/2020 selama empat bulan. Hasil penelitian ini adalah Penyusunan RPPH berkarakter (kemampuan awal) diperoleh rata-rata skore sebesar 45,69 dengan katagori “Cukup baik”.  Setelah perlakuan pendampingan diberikan pada siklus I, menunjukkan peningkatan skor dari hasil penilaian RPPH sebagai hasil kerja guru dengan diperoleh rata-rata skor yang sebesar 57,65, dengan kategori “Cukup Baik”, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan skor seluruh guru diperoleh 63,5 “Baik.”

Downloads

Published

2020-07-06

How to Cite

., H. (2020). PENERAPAN IHT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU BINAAN DALAM MENYUSUN RPPH BERKARAKTER SEMESTER I TAHUN 2019/2020 DI KABUPATEN LUMAJANG. PESAT, 6(3), 23–48. Retrieved from http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat/article/view/13