PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEDIA FLANELGRAF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TENTANG SUB TEMA AKU DAN TEMAN BARU PADA SISWA KELAS 1A DI MI MIFTAHUL ULUM 04 MUNDUREJO KABUPATEN JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • SITI FARIDA

Keywords:

Pembelajaran Daring, Media Flanelgraf, Hasil Belajar, Tematik, Aku dan Teman Baru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Pembelajaran Daring dengan Media Flanelgraf dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Tentang Sub Tema Aku dan Teman Baru Pada Siswa Kelas 1A di MI Miftahul Ulum 04 Mundurejo Kabupaten Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Subyek penelitian ini adalah pembelajaran Tematik, khususnya pada Sub Tema tentang Aku dan Teman Baru, pada siswa kelas IA MI Miftahul Ulum 04 Mundurejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember, dengan jumlah 19 siswa. Adapun waktu penelitian pembelajaran ini dilakukan pada semester Ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran melalui Pembelajaran Daring dengan menggunakan Media Flanelgraf memiliki dampak positif dalam meningkatkan Hasil Belajar Tematik tentang Aku dan Teman Baru pada siswa Kelas II MI Miftahul Ulum 04 Mundurejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya hasil belajar siswa. Ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan III, yaitu masing-masing 64,70%, 76,48%, dan 89,47%. Pada siklus III ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai.

Downloads

Published

2020-11-15

How to Cite

FARIDA, S. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEDIA FLANELGRAF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TENTANG SUB TEMA AKU DAN TEMAN BARU PADA SISWA KELAS 1A DI MI MIFTAHUL ULUM 04 MUNDUREJO KABUPATEN JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. PESAT, 6(5), 15–34. Retrieved from http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat/article/view/21