PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG SISTEM ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA PADA SISWA KELAS VI MI MIFTAHUL ULUM 04 MUNDUREJO KABUPATEN JEMBER SEMESTER GANJIL 2020/2021

Authors

  • IIN INDRAWATI

Keywords:

Pembelajaran Daring, Metode Mind Mapping, Hasil Belajar IPS, Sistem Administrasi Wilayah Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Daring melalui Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Sistem Administrasi Wilayah Indonesia pada Siswa Kelas VI MI Miftahul Ulum 04 Mundurejo Kabupaten Jember Semester Ganjil 2020/2021. Penelitian ini bertempat di MI Miftahul Ulum 04 Mundurejo Kabupaten Jember. Waktu penelitian adalah waktu berlangsungnya penelitian atau saat penelitian ini dilangsungkan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli semester Ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas VI MI Miftahul Ulum 04 Mundurejo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2020/2021 pada pokok bahasan tentang Sistem Administrasi Wilayah Indonesia. Hasil penelitian ini yaitu hasil belajar IPS pada pokok bahasan Sistem Administrasi Wilayah Indonesia Kelas VI MI Miftahul Ulum 04 Mundurejo Kabupaten Jember dapat meningkat melalui penerapan Metode Mind Mapping. Hal ini dapat dilihat bahwa pada Siklus I, dari 27 siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa (48,15%) dan yang belum tuntas sebanyak 14 siswa (51,85%).  Sedangkan pada Siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa (92,59%) dan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa (7,41%). Jadi, dari Siklus I ke Siklus II ada peningkatan hasil belajar sebesar 44,44%.

Downloads

Published

2020-11-18

How to Cite

INDRAWATI, I. (2020). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG SISTEM ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA PADA SISWA KELAS VI MI MIFTAHUL ULUM 04 MUNDUREJO KABUPATEN JEMBER SEMESTER GANJIL 2020/2021. PESAT, 6(5), 35–60. Retrieved from http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat/article/view/22