PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN LINER DAN NON-LINER PADA PEMBELAJARAN PAI DI MI MIFTAHUL HUDA MLOKOREJO KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER

Authors

  • WARDATUT THOLIAH Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq
  • MOH. SUTOMO Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq
  • MOH. SAHLAN Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq

Keywords:

Pemanfaatan Media Pembelajaran, Liner, Non-Liner, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan pengertian media pembelajaran linier dan non-linier; (2) mendeskripsikan tujuan dan fungsi media pembelajaran linier dan non-linier; (3) mendeskripsikan jenis-jenis media pembelajaran linier dan non-linier. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data berupa; observasi, interview, dan dokumentasi. Sementara teknik sampel yang dipilih adalah purposive sampling, berdasarkan yang paling mengetahui terhadap masalah yang dikaji. Kemudian analisa datanya menggunakan analisa data deskriptif dengan teknik reflektif. Untuk validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa media linier (multimedia linier) merupakan presentasi berjalan berurutan sebagai garis lurus sehingga. Contoh media jenis ini adalah program TV dan film. Sedangkan, media non linier atau disebut interactive multimedia (multimedia interaktif) pengguna dapat mengontrol sistem. Media non linier adalah presentasi pembelajaran, pengguna dapat memilih apa yang akan dipelajari menggunakan menu yang ada. Contohnya aplikasi pembelajaran interaktif berbasis computer (CBI) maupun aplikasi pembelajaran interaktif berbasis internet (WBI).

Downloads

Published

2021-05-30

How to Cite

THOLIAH, W., SUTOMO, M., & SAHLAN, M. (2021). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN LINER DAN NON-LINER PADA PEMBELAJARAN PAI DI MI MIFTAHUL HUDA MLOKOREJO KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER. PESAT, 7(2), 101–116. Retrieved from http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat/article/view/57