PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK DALAM MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN SISWA
Keywords:
Flipbook, Media Pembelajaran, Proses PembelajaranAbstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan rancang bangun media pembelajaran flipbook Materi Kewajban dan Hakku pada Muatan PKN Siswa Kelas III MI. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development and Implementation, Evaluation) sebagai langkah-langkah sistematis dalam proses pengembangan produk. Metode yang digunakan yaitu metode non tes yang meliputi wawancara dan angket/kuisioner sebagai instrument pengumpulan data. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Uji coba pada penelitian pengembangan ini meliputi ahli isi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran dan menggunakan subjek yaitu siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Hasil penilaian media dari penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh presentase skor (98%) dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh presentase skor (93%) dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh presentase skor (85,5%) dengan kualifikasi baik, dan dari subjek uji coba perorangan dari siswa memperoleh presentase skor (95%) dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook layak digunakan pada proses pembelajaran.