PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI STRATEGI JIGSAW LEARNING DENGAN MEDIA FLANELGRAF PADA SISWA KELAS V MI MIFTAHUL ULUM KEBONSADENG KEMUNINGSARI KIDUL JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER

Authors

  • MOH. MUDAKIR MI Miftahul Ulum Kebonsadeng Kemuningsari Kidul Jenggawah, Jember

Keywords:

Hasil Belajar, Tematik, Sumber Energi, Strategi Jigsaw Learning, Media Flanelgraf

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Tematik Melalui Strategi Jigsaw Learning Dengan Media Flanelgraf Pada Siswa Kelas V MI Miftahul Ulum Kebonsadeng Kemuningsari Kidul Jenggawah Kabupaten Jember. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Miftahul Ulum Kebonsadeng Kemuningsari Kidul Jenggawah Kabupaten Jember, pada pembelajaran Tematik, khususnya pada Sub Tema tentang Sumber Energi. Tempat penelitian pembelajaran adalah di MI Miftahul Ulum Kebonsadeng Kemuningsari Kidul Jenggawah Kabupaten Jember. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, mulai tanggal 01 – 28 Februari 2022, dan disesuaikan dengan jadwal kegiatan. Penelitian ini di bantu oleh teman sejawat sebagai pengamat dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui strategi Jigsaw Learning dengan menggunakan Media Flanelgraf memiliki dampak positif dalam meningkatkan Hasil Belajar Tematik tentang Sumber Energi pada siswa Kelas V MI Miftahul Ulum Kebonsadeng Kemuningsari Kidul Jenggawah Kabupaten Jember. Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya hasil belajar siswa. Ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan III, yaitu masing-masing 64,70%, 76,48%, dan 91,17%.

Downloads

Published

2022-07-19

How to Cite

MUDAKIR, M. . (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI STRATEGI JIGSAW LEARNING DENGAN MEDIA FLANELGRAF PADA SISWA KELAS V MI MIFTAHUL ULUM KEBONSADENG KEMUNINGSARI KIDUL JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER . PESAT, 8(3), 17–38. Retrieved from http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat/article/view/82