UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IX MTs NAHDLATUTH THALABAH WULUHAN KABUPATEN JEMBER

Authors

  • IMAM BAEHAQI MTs Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Kabupaten Jember

Keywords:

Aktivitas Siswa, Model Pembelajaran Interaktif, Matematika

Abstract

            Aktivitas siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas terlihat masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari sangat sedikit siswa yang berani menjawab pertanyaan dari guru maupun yang mengajukan pertanyaan kepada guru, dan banyak siswa yang tidak berani menampilkan hasil diskusinya. Salah satu faktor penyebabnya adalah bentuk pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional. Cara yang dianggap tepat untuk memperbaiki kondisi tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa Kelas IX MTs Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Kabupaten Jember. Rumusan penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran interaktif dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas siswa Kelas IX MTs Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Kabupaten Jember? Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di MTs Nahdlatuth Thalabah. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat dari 62% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II. Perubahan aktivitas yang terjadi pada siswa sangat baik, diantaranya siswa berani bertanya dan mengemukakan pendapatnya,  menanggapi pertanyaan dari guru maupun pertanyaan siswa pada saat presentasi. Siswa sudah bekerjasama dengan baik dalam kelompok serta berusaha membantu teman yang mengalami kesulitan memahami penjelasan materi kelompok yang tampil. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran intrakif pada siswa kelas IX MTs Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Kabupaten Jember.

Downloads

Published

2022-07-23

How to Cite

BAEHAQI, I. (2022). UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IX MTs NAHDLATUTH THALABAH WULUHAN KABUPATEN JEMBER. PESAT, 8(3), 55–74. Retrieved from http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat/article/view/84