PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI MENGENAL KITAB-KITAB ALLAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 ASRIKATON

Authors

  • ERIA YUNISCHA SD Negeri 3 Asrikaton Kabupaten Malang

Keywords:

Hasil Belajar, Media Video Pembelajaran, Mengenal Kitab-Kitab Allah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negri 3 Asrikaton pada materi mengenal kitab-kitab Allah Swt. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan di SD Ngeri 3 Asrikaton Kecamatan Pakis Kabupaten Malang untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Mengenal nama Allah dan KitabNya, pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian kualitatif ini meliputi, pengamatan, tes, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar kelas V SD Negeri 3 Asrikaton pada materi mengenal kitab-kitab Allah. Hal ini ditunjukkan dari hasil belajar siswa dari siklus pertama, siklus kedua dan siklus ketiga yang mengalami peningkatan terbukti dengan nilai rata-rata kelas dan jumlah siswa yang tuntas belajar. Pada siklus siswa yang tuntas 20 siswa dengan prosentase 61%, pada siklus kedua jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dengan prosentase 73%, sedangkan pada siklus ketiga jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 29 siswa dengan prosesntase 88%.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

ERIA YUNISCHA. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI MENGENAL KITAB-KITAB ALLAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 ASRIKATON. PITALOCA, 6(2), 87–106. Retrieved from http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pitaloca/article/view/111

Issue

Section

Articles