IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PANDANWANGI 01 KECAMATAN TEMPEH LUMAJANG

Authors

  • AHMAD ROSYID FATHONI

Keywords:

Implementasi, Model Pembelajaran Induktif, Prestasi Belajar, IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui sejauh mana  peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Faktor Penyebab Perubahan Benda pada Siswa Kelas VI SD Negeri Pandanwangi 01 Kecamatan Tempeh Lumajang semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020  dengan Implementasi model pembelajaran induktif. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri Pandanwangi 01 Kecamatan Tempeh  Kabupaten Lumajang sejumlah 23 siswa. Terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Subjek penelitian dalam kegiatan uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah siswa Kelas VI SDN Pandanwangi 01 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model induktif yang dipandu dengan perangkat pembelajaran dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar IPA di Sekolah Dasar. Hal ini dapat dilihat dari: Hasil penelitian dari tes awal sampai siklus II sebagai berikut ; rerata refleksi awal = 64,35, rerata siklus I = 71,52  dan rerata Siklus II= 79,13. Dilihat dari kondisi awal, hasil rerata selalu naik meskipun sedikit hal semacam ini maklum karena materi siklus II relatif lebih sulit. Ketuntasan klasikal untuk tes awal 56,52%; siklus I = 69,57% dan siklus II = 86,96%.

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

FATHONI, A. R. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PANDANWANGI 01 KECAMATAN TEMPEH LUMAJANG. PITALOCA, 6(2), 1–14. Retrieved from http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pitaloca/article/view/6

Issue

Section

Articles