RELEVANSI LIVING VALUE EDUCATION DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALIM DAN AKTUALISASINYA PADA PENDIDIKAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH WONOSARI KALIWATES JEMBER

Authors

  • MASTUR . Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember

Keywords:

Living Value Education, Kitab Ta’lim Muta’alim, Pendidikan Akhlak, Kesalehan Individual, Kesalehan Sosial

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mendeskripsikan relevansiliving value education  dalam kitab Ta’lim Muta’alim pada pendidikan akhlak tentang kesalehan individual santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember. (2) Untuk mendeskripsikan relevansiliving value eduction  dalam kitab Ta’lim Muta’alim pada pendidikan akhlak tentang kesalehan individual santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive: Teknik pengumpulan data: Wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun analisis data menggunakan Milles, Hubberman, dan Saldana meliputi: Data Collection, data condensation, data display, dan data verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan tenik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Relevansi living value educationdalam kitab Ta’lim Muta’alim pada pendidikan akhlak tentang kesalehan individual di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember, bahwa untuk menilai kasalehan santri, itu bisa diketahui bahwa mereka melaksanakan sholat dhuha, tahajjud, membaca alquran tanpa di suruh, dan santri menanam sayuran. (2) Relevansi living value education dalam kitab Ta’lim dan Muta’alim pada pendidikan akhlak tentang kesalehan sosial santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates, bahwa santri dibiasakan selesai sholat mereka harus bersalaman dengan semuanya itu dalam rangka supaya  hubungan antar sesama itu bisa berjalan dengan baik. Dan adanya kegiatan kajian kitab, muhadharah, tahlilan, istighosah bersama, memelihara ikan, merawat teman yang sedang sakit, serta kegiatan al banjari yang dilaksanakan bersama- sama.

Downloads

Published

2021-03-28

How to Cite

., M. (2021). RELEVANSI LIVING VALUE EDUCATION DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALIM DAN AKTUALISASINYA PADA PENDIDIKAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH WONOSARI KALIWATES JEMBER. PESAT, 7(1), 137–156. Retrieved from https://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat/article/view/48